oleh

Bupati Humbahas Serahkan Upah Tukang Program Stimulan Perumahan Swadaya

INSPIRATIFNEWS.COM, Humbang Hasundutan | Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor yang diwakili Sekretaris Daerah Tonny Sihombing menyerahkan Upah Tukang kepada 111 Perwakilan Penerima Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Tahun Anggaran 2021 (1/10/2021) di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Tonny Sihombing menyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan Nawacita Presiden Jokowi program 100-0-100 dimana akses air minum terpenuhi untuk masyarakat 100%, kawasan dan sanitasi tertangani 100%.

“Kabupaten Humbang Hasundutan sejak tahun 2015 s/d 2020 telah mendapat alokasi Perbaikan RTLH sebanyak 6490 unit rumah dengan sumber dana APBN Kementerian PUPR, APBD Provinsi Sumatera Utara dan APBD Humbang Hasundutan,” ungkapnya.

Ia mengatakan untuk tahun 2021 Kabupaten Humbang Hasundutan tetap mendapat alokasi sebanyak 1.000 unit dengan sumber dana APBN Kementerian PUPR.

“Tahun 2021 ini Pagu Anggaran yang dialokasikan per unit rumah dari APBN adalah Rp. 20 juta, dengan rincian Rp. 17, 5 juta untuk bahan bangunan dan Rp. 2,5 juta untuk upah,” jelas Tonny.

“Program ini sangat membantu Pemerintah Daerah untuk mengurangi kawasan kumuh kita dengan cara peningkatan kualitas rumah dan menurunkan angka stunting, dengan tersedianya sarana air minum layak, sanitasi layak,” ujarnya.

Dalam program ini juga, setiap penerima bantuan perbaikan RTLH Tahun Anggaran 2021 diwajibkan membangun sanitasi dan air minum.

“Kita patut bersyukur karena ketepatan waktu untuk menyelesaikan pembangunan rumah sehingga
Bapak/ Ibu bisa menerima upah tukang pada hari ini. Kami menghimbau agar yang belum menerima upah tukang, untuk segera menyelesaikan pembangunan rumahnya karena hal ini menjadi syarat utama dalam pencairan upah tukang,” pungkasnya.

Hadir pada kegiatan ini, Kasi Wilayah I Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Sumut II, Bramantyo, Kepala Bank Mandiri Doloksanggul Yohannes Ricardo Bangkur dan penerima Upah Tukang Bantuan Perbaikan RTLH.

(min/Diskominfo Humbahas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed