oleh

Disdikpora Bantul Gelar Bimtek Penguatan Kapasitas Ibu PAUD Kapanewon

INSPIRATIFNEWS.COM, Bantul | Guna mewujudkan kualitas pendidikan anak usia dini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga pagi ini melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Ibu PAUD Kapanewon dan Kalurahan se-Kabupaten Bantul di Aula Pemda II Komplek Perkantoran Manding. Kamis (07/10/2021).

Dalam sambutannya, Ibu Paud Kabupaten Bantul Emi Masruroh Halim mengatakan bahwa Ibu Paud se – Kabupaten Bantul agar selalu memperhatikan pemenuhan Holistik Integratif (HI), dan setiap Lembaga paud diharapkan dapat memenenuhi lima layanan dasar.

“Yang kita tekankan Ibu Paud bisa mengimplementasikan Paud HI, dimana setiap lembaga paud harus memiliki lima layanan dasar, yakni Pendidikan, Kesehatan, Perlindungan Anak, dan Pola Asuh,” kata Emi Masruroh Halim.

Pada kesempatan itu, Emi Masruroh Halim mengajak semua Ibu PAUD Kapanewon, dan Kalurahan se – Kabupaten Bantul menggerakkan dan memotivasi semua elemen untuk bergerak bersama-sama melindungi anak dari berbagai tindak kejahatan serta potensi negatif lainnya.

“Saya mengharapkan dengan dilaksanakan Bimtek ini, dapat menyamakan persepsi di lapangan dengan apa yang diinginkan oleh Pemerintah Pusat terkait pemenuhan implementasi Paud HI,“ tuturnya.

Sehingga dengan persamaan persepsi tersebut, Ibu Paud se-Kabupaten Bantul dapat mendampingi anak-anak generasi dini yang nantinya akan menjadi pemimpin-peminpin di Kabupten Bantul.

“Di Bantul sendiri sudah ada 20 Lembaga Paud yang telah mengimplementasikan Paud Holistik Integratif, semoga usai Bimtek ini akan banyak Paud di Bantul yang menerapkan Paud HI,” harap Emi Masruroh Halim.

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Titik Sunarti Widyaningsih menjelaskan bimtek ini dilaksanakan sebagai salah satu program pemerintah untuk mendukung komitmen nasional tentang jaminan penyediaan layanan PAUD bagi seluruh anak, sejak lahir sampai berumur 6 tahun.

“Kegiatan bimtek berlangsung selama dua hari mulai 7 – 9 Oktober 2021 di Aula Pemda II Manding yang diikuti 92 peserta, perwakilan dari Ibu Paud Kapanewon dan Kalurahan se- Kabupaten Bantul,“ terangnya.

Diharapkan dengan Bimtek ini memotivasi Ibu Paud se-Kabupaten Bantul untuk meningkatkan pelayanan dan pelaksanaan Program Paud di mana anak usia Paud dari 0 – 6 tahun merupakan usia emas (Golden Age) yang merupakan waktu yang tepat untuk menumbuhkembangkan kognitif maupun karakter anak.

(min/hms Bantul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed