oleh

Dukung Kritikan BEM UI, Wapresma Unand: Kajian Akademik yang Real Adanya

INSPIRATIFNEWS.COM, Padang | BEM KM Universitas Andalas (Unand) memberikan dukungan kepada BEM Universitas Indonesia (UI) terkait kritik yang dilontarkan kepada Presiden Joko Widodo.

“Gerakan yang dibangun oleh mahasiswa tentu tidak pernah dilakukan secara tiba-tiba. Pasti didahulukan dengan kajian yang mendalam serta tentu dengan sumber akademik yang mumpuni,” ujar Wakil Presiden BEM KM Unand 2021 Dafiq Naskar, Kamis (1/7/2021).

Menurutnya, Apa yang dilakukan oleh teman-teman BEM UI adalah sebuah kajian akademik yang real adanya.

“Seharusnya tidak ditanggapi presiden hanya dari sudut pandang pemberian gelar saja. Dalam artian presiden harus menyelami kenapa gelar tersebut diberikan,” ucap Dafiq Sapaan Akrabnya.

Lanjut ia sampaikan, tentu karena adanya perbedaan yang jelas antara apa yang disampaikan Presiden dengan apa yang dilakukan di lapangan.

Dafiq menilai, yang harus menjadi tamparan keras bagi bapak jokowi, tidak hanya memberikan statemen “biasa saja mahasiswa kalau mengkritik” tapi seharusnya introspeksi diri agar lebih baik kedepan.

“Yang lebih aneh adalah hari ini hampir semua kampus besar di Indonesia selalu merasa gerah jika mahasiswanya keras menyuarakan kebenaran atau mengkritisi pemerintah,” ujarnya.

Lanjut katanya, patut dipertanyakan. Apakah pimpinan kampus adalah perpanjangan tangan pemerintah (aktor politik) di lembaga pendidikan ? Sehingga harus mengamankan setiap kritikan yang masuk terhadap pemerintah agar tidak terlalu keras? Aneh memang,” tuturnya.

“Kami mengutuk keras dan mengecam tindakan pimpinan kampus yang berusaha mengkebiri hak demokrasi yang diwakili oleh suara suara mahasiswa yang ada dikampus manapun di Indonesia, terutama yang sekarang terjadi di Universitas Indonesia. Kami bersama UI!!,” pungkasnya. (Randa/Zaki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed