Gelar Tiga Event di Bulan Juli, Toraja ‘Bakal Banjir’ Wisatawan Mancanegara

0
138

Inspiratifnews.com – Makassar, Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan terus berupaya meningkatkan kunjungan wisata di Tana Toraja, tahun 2017 ini, Dinas Pariwisata Sulsel berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Tana Toraja dan Toraja Utara memulai promosi wisata melalui pagelaran 3 event sekaligus yakni Festival Film Toraja, Toraja Marathon 2017, dan Toraja International Festival.

Tahun 2017, Toraja Marathon akan diselenggarakan oleh PT.Laga Toraja Mendunia pada 29 juli mendatang dengan target 1500 peserta baik sulsel, luar sulsel maupun pelari internasional.

Adapun kategori yang akan dilombakan 5K, 10K, 21K, dan Full Marathon (42K), sementara rute yang dilalui melewati 6 kecamatan khusus untuk 21K dan 42K.

Pihak penyelenggara mengatakan, kami akan berikan suguhan menarik untuk Toraja Film Festival di objek wisata yakni Negeri Diatas Awan, Toraja Marathon 2017 kami akan buat standar internasional agar tahun depan seluruh tim kami tersertifikasi.

Dan event terakhir, Toraja International Festival akan diwarnai pertunjukan Helga Violin (Hungary), Kamau Abayomi (USA), Sky Drum Talko (Indonesia/Japan), Jeannette Lambert Trio (Kanada), Samulnori (Korea), dan E’tibor (Uzbekistan) di Kete Kesu Village, North Toraja.

Diperkirakan tiga event yang digelar pasca lebaran idul fitri ini, akan meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Sulawesi Selatan, dan mendorong omzet penjualan pedagang di Tana Toraja meningkat.

“Revenue bagi penduduk disekitar pagelaran diperkirakan akan meningkat, sebagai contoh tahun 2016 lalu wisatawan yang hadir 15000 orang pedagang mie dapat meraup omzet 30 juta rupiah selama event berlangsung”, papar Penyelenggara Toraja Marathon, lisa Parantean.

Sementara itu, Wakil Bupati Toraja, Yosia Rinto Kadang, mengatakan bahwa pihaknya optimis wisatawan yang datang ke Makassar terus meningkat.

Tahun lalu, kunjungan wisatawan asing ke Toraja Utara mencapai 91 ribuan orang dan domestik mencapai 158 ribu orang, sehingga kami prediksi tiga event berskala internasional yang kami gelar, kunjungan wisatawan bakal banjir di Toraja pada bulan Juli, pungkasnya. (*)

Komentar Pembaca