Germas 1000 Titik, Sulsel Raih Penghargaan Dunia

0
29

Inspiratifnews.com–Makassar, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mendapatkan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID) sebagai “Pemrakarsa Rekor G1000G Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) Serentak pada 1000 Titik se-Sulawesi Selatan Pertama di Dunia”.

Pemberian oleh LEPRID ini dilaksanakan di Balai Kesehatan Kerja Masyarakat (BKKM) Makassar, Senin (2/10/2017).

Selain itu Sulawesi Selatan juga meraih penghargaan dengan Rekor G1000G Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) serentak pada 1.000 titik seSulawesi-Selatan pertama di dunia serta rekor lainnya yaitu Olahraga Kesehatan Kesorga (gerakan poralis) serentak di 1.000 titik.

Pendiri dan Direktur Utama LEPRID Paulus Pangka mengatakan rekor ini adalah rekor ke-28 Indonesia tingkat dunia.

“Rekor ini kita bukukan sebagai rekor dunia ke-28 bukan hanya tingkat Indonesia tetapi dunia, termasuk seribu titik lokasi sunat serentak, belum ada di dunia yang pecahkan sampai saat ini” ujar Paulus.

Paulus menjelaskan tentang proses pengamatan di seribu titik tersebut. Dijelaskan bahwa foto dikirimkan oleh tim atau Puskesmas, Pustu dan Klinik-klinik yang mendukung gerakan ini.

“Bagaimana mengetahuinya, saya sejak kemarin melakukan evaluasi, termasuk foto yang mereka kirimkan di group WA, sejauh ini sudah ada 1500 foto yang dikirimkan dari 24 kabupaten kota yang ada,” kata Paulus.

Adapun kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas pada tahun 2017 ini adalah melakukan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin, dan aktivitas fisik selama 30 menit dalam lima hari perminggu serta konsumsi sayur dan buah lima porsi perhari.

Beberapa kegiatan lain diantaranya, deteksi karies, deteksi kelainan kulit seperti kusta, penyiapan donor darah bagi ibu hamil di 24 kabupaten/kota.

Sementara itu SYL mengatakan gerakan ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Yang kita mau dari seribu titik ini menjadi langkah awal yang baik, resonansinya menghadirkan pola hidup sehat, dan itu kita harap berasal dari Sulsel, bukan penghargaanya. Sejauh ini kita sudah meraih 227 penghargaan” pungkasnya.(*)

Editor : Ana

Komentar Pembaca