Kantor Layanan Teknis BSN Resmi Beroperasi di Makassar

0
147

Inspiratifnews.com – Makassar, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya meresmikan Kantor Layanan Teknis (KLT) yang bertempat di gedung Graha Pena lantai 11, Jl Urip Sumoharjo, Makasar (13/4/2017).

Peresmian kantor ini merupakan langkah nyata BSN dałam mengimplementasikan Undang-Undang No. 20 Tahun 2014 terutama di Pasał 8 Ayat 2 yang menerangkan bahwa tugas dan tanggungjawab di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dilaksanakan oleh BSN.

Selain itu, sesuai pasal 53 bahwa BSN bekerjasama dengan kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian lainnya, dan/atau pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha dan masyarakat dalam penerapan SNI.

Pendirian KTL di Makassar untuk memberikan berbagai layanan di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian terutama untuk pelaku usaha serta masyarakat yang ingin menerapkan SNIÎ. Selain iłu, adanya KLT diharapkan akan mempererat hubungan dengan pemangku kepentingan di daerah.

“Pendirian KLT juga untuk menunjang pembangunan dan pengembangan daerah dalam hal standardisasi dan penilaian kesesuaian salah satunya dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat,” ujar Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BSNÎ Budi Rahard) saat mendampingi Kepala BSN dałam peresmian KLT.

Dengan kehadiran KLT di Makassar, kata dia, BSN bisa memfasilitasi dan menyediakan konsultasi bagi pemangku kepentingan terkait dengan standardisasir akreditasi dan sertifikasi. Pendirian KLT di Makasar juga telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

“Layanan KLT merupakan bagian dari layanan BSN secara nasional sehingga masyarakat daerah tldak perlu ke Jakarta, cukup datang ke KLT nya BSN di daerah,” lanjut Budi.

Di KLT, BSN menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung layanan, serta kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, bedah buku, dan sebagainya.

Untuk diketahui, BSN adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang diberikan tugas oleh pemerintah untuk membina dan mengembangkan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia.

“Untuk saat ini, kantor BSN hanya berlokasi di Jakarta, Dengan cakupan wilayah Indonesia secara nasional, tentunya BSN membutuhkan kerjasama dengan pemangku kepentingan dan kantor layanan BSN di daeran yang mempermudah masyarakat dałam mendapatkan layanan dari BSN,” kata Budi.

Hingga saat ini, BSN telah menandatangani kerjasama dengan 40 Pemerintah Daerah dan Instansi Pusat serta 41 Perguruan Tinggi di Indonesia. Diantaranya adalah kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulsel dan Universitas Hasanuddin.

Selain di Makasar, BSN juga berencana akan meresmikan rintisan Unit Pelayan Teknis (UPT) di Palembang, Sumatera Selatan pada tanggal 26 April mendatang. (rls)

Komentar Pembaca