Kemarau Panjang, Disdamkar Pare-Pare Himbau Warga Waspada Kebakaran

0
24

Inspiratifnews.com-Parepare, Masuk musim kemarau, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kota Parepare harus bekerja ekstra dalam memadamkan kebakaran yang terjadi.

Hingga September 2017, tercatat 22 Kepala Keluarga harus kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran.
Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Parepare, Aswadi Talib mengatakan, pada musim kemarau biasanya Damkar bekerja lebih keras. Per September, kebakaran juga beberapa kali terjadi di perumahan warga.

“Untuk kebakaran rumah, paling banyak disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik, kalau alang-alang, penyebabnya sulit diketahui. Bahkan kadang sengaja dibakar,” ujarnya, Rabu(20/9/2017).

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah di sembarang tempat, karena akan memicu kebakaran di musim kemarau ini.

“Apa lagi dengan kondisi cuaca yang memang sedang panas, ditambah angin kencang, membuat api cepat merambat ketika kita sedang membakar sampah di sembarang tempat,” kata dia.

Sedangkan untuk mencegah kebakaran di perumahan, ia mengimbau agar warga agar rutin mengecek instalasi listrik. Pasalnya, dari jumlah kebakaran sebanyak 22 rumah, penyebabnya didominasi oleh hubungan arus pendek. Ia juga meminta agar warga berkoordinasi dengan PLN agar lebih aman.

“Kami akan berikan praktek langsung ke warga bagaimana caranya memadamkan api sebelum membesar. Juga, kedepan kita akan mengunjungi sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak, agar sejak dini mereka diberikan pemahaman tentang kebakaran,” tutupnya.

Editor : Ana

Komentar Pembaca