oleh

Kompas Gramedia & Kalbe Farma Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum di Bantul

INSPIRATIFNEWS.COM, Bantul | Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Emi Masruroh, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi pertama di Sentra Vaksinasi Kalbe – Kompas Gramedia di Rumah Dinas Bupati Bantul Trirenggo Bantul.

Vaksinasi kerjasama Kalbe – Kompas Gramedia dengan Pemkab Bantul ini menargetkan 1000 peserta vaksinasi yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 10 – 11 September 2021. Jumat (9/9/2021).

Menurut Didit Aditya Ketua Forum Komunikasi Daerah Kompas Gramedia DIY, bahwa pelaksanaan ini ada di beberapa kota seperti Bandung, Gresik dan kini di Bantul yang nantinya berdasar keputusan Litbang Kompas akan kami pertimbangan untuk daerah lain.

“Kompas Gramedia berkolaborasi dengan Kalbe Farma untuk pelaksanaan kegiatan ini, tujuan kami satu bagaimana cara mempercepat vaksinasi sehingga kondisi Indonesia semakin bisa dan semakin sehat, pagi ini kami berterimakasih diberikan kesempatan untuk melaksanakan vaksinasi massal di Bantul,“ ucap Didit.

Selanjutnya, Anung Wendi Hartaka selaku Manager Eksekutif Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas mengatakan, mewakili dari Dana Kemanusiaan Kompas Gramedia selain memberikan vaksinasi kami juga menyalurkan bantuan paket sembako dan multivitamin, serta masker kain dan masket medis.

“Dari Kalbe Farma juga menambahkan produknya ke dalam paket tersebut seperti susu, biscuit, minuman energy. Paket sembako ini berasal sumbangan dari masyarakat Pembaca Kompas, ini sebenarnya kita hanya menyalurkan saja dari warga yang punya kepedulian atas situasi dan kondisi sekarang ini,“ kata Anung.

Mudah-mudahan kegiatan kolaborasi dengan berbagai lembaga yang peduli pada kondisi saat ini bisa, mempercepat pandemi ini sekaligus meringankan beban masyarakat.

Adapun Perwakilan dari Kalbe Farma Yogyakarta Candra sebagai mitra Kompas Gramedia dalam kegiatan vaksinasi ini mengungkapkan bahwasanya kerjasama Kalbe Farma dengan Kompas Gramedia ini telah terjalin sejak 17 Agustus kemarin, sekaligus vaksinasi ke 90 ibu hamil di Jakarta.

Kalbe dan Kompas Group mempunyai misi untuk menyehatkan masyarakat dan membantu masyarakat terutama di saat pandemi dan membantu pemerintah mencapai herd immunity.

“Di Bantul sendiri merupakan rangkaian vaksinasi bersama yang menyasar masyarakat umum, pemberian paket produk kesehatan bebas Covid bagi para Nakes (Tenaga Kesehatan) dan bakti social, untuk tes Covid ada New Product untuk mengetahui positif atau negative yakni bernama Salifah dengan metode sample air liur, dan telah diujicobakan di Dinas Kesehatan Bantul, dan Rumah Sakit UII untuk hasil sampling tersebut,“ terang Candra.

Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo dalam sambutannya mengatakan, Pak Presiden Joko Widodo selalu menekankan kepada kita bahwa negara kita ini bisa segera lepas dari Covid-19 upaya yang kita lakukan adalah membangun semangat gotong royong, dan hari ini Kompas Group dan Kalbe Farma telah membuktikan perjuangan dan baktinya pada bangsa dan negara dengan mengadakan vaksinasi di beberapa kota provinsi dan kabupaten.

“Alhamdulillah untuk Bantul pada pagi ini, mendapatkan kesempatan untuk tidak hanya mendapatkan perhatian dan kepedulian dari Kompas Group untuk percepatan pemulihan masyarakat Bantul dari pandemi Covid-19. Mewakili Pemkab Bantul dan seluruh masyarakat Bantul memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Keluarga Besar Kompas Group dan Kalbe Farma atas perhatiannya dan kepeduliannya, hal ini sangat berharga buat kami,“ tutur Joko Purnomo.

Masyarakat Bantul yang harus melaksanakan vaksin sebanyak 825 ribuan, sampai hari ini baru mencapai 51,4 % artinya kita masih berupaya untuk bagaimana vaksinasi ini harus kita lakukan, hari ini Kompas memberikan vaksin, sebelumnya TNI/Polri juga telah melaksanakan vaksinasi, kemudian dari PKK DIY bekerjasama dengan PKK Bantul juga vaksin.

“Nah ini semua, diupayakan dalam rangka membangun dan membuat masyarakat Bantul sehat, tidak kena Covid-19,“ tandasnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Emi Masruroh dalam sambutannya menyambut baik Kompas Gramedia dan Kalbe Farma ikut menyukseskan vaksinasi di Bantul, terkait calon penerima bantuan sembako nanti akan kami komunikasikan dahulu dengan Dinas Sosial dengan harapan bantuan itu bisa tepat sasaran dan tidak ada duplikasi penerima bantuan.

“Saya mengharapkan, apa yang dilaksanakan Kompas Gramedia dan Kalbe Farma, memberikan manfaat yang besar bagi warga Bantul, sehingga hasil kegiatan ini mampu memberikan herd immunity sekaligus mempercepat vaksinasi di Kabupaten Bantul yang pada akhirnya mampu menggerakkan kembali perekonomian,“ tutur Emi Masruroh Halim.

(min/hms Bantul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed