Meraih Makna di Balik Lagu ‘Make You Feel My Love’

Lagu dengan judul ‘Make You Feel My Love’, dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu dari sekian banyak karya yang sukses melambungkan nama penyanyi dan penulis lagu asal Inggris, Adele. Namun, tidak semua orang tahu bahwa lagu tersebut sebenarnya adalah ciptaan Bob Dylan pada tahun 1997. Lagu ini telah banyak dinyanyikan ulang oleh berbagai artis seperti Billy Joel, Garth Brooks dan tentunya Adele. Dalam artikel ini, kita akan mencoba meraih makna di balik lirik lagu ‘Make You Feel My Love’.

Lagu ‘Make You Feel My Love’ dengan lirik sederhana dan melodinya yang hangat sering dipersembahkan sebagai pengantar tidur atau hadiah hari valentine. Nyatanya, makna di balik liriknya jauh lebih dalam daripada sekedar romansa kasual.

Makna di balik lagu ini bisa dimulai dari judulnya sendiri Make You Feel My Love. Maknanya sederhana: menjadikan seseorang merasakan cinta yang kita berikan. Namun jika disimak lebih lanjut, pesan cinta di dalamnya bukanlah tentang memaksa seseorang untuk mencintai kita kembali, melainkan bagaimana kita mencoba untuk menunjukkan betapa besar cintanya kepada seseorang.

Dalam beberapa baris awal lagu tersebut (When the rain is blowing in your face / And the whole world is on your case), sang penulis merefleksikan bagaimana perasaan mendalam dan empati dapat dirasakan ketika melihat kesedihan atau rasa sakit yang dialami oleh orang yang kita cintai.

Selanjutnya, lirik lagu tersebut melanjutkan dengan pesan keberanian dan keyakinan bahwa di tengah badai kehidupan pun, sang penyanyi yang begitu mencintai akan ada disana untuk mereka (I could offer you a warm embrace / To make you feel my love).

Bob Dylan dengan jenius menulis lagu ini sebagai dialog seorang pencinta yang mencoba memaparkan kedalamannya rasa cinta kepada kekasihnya. Sementara Adele mampu membawakan lagu ini dengan penuh emosi sehingga kita bisa merasakan makna di balik setiap kata-katanya.

Jadi jika ditanya tentang makna di balik ‘Make You Feel My Love’, jawabannya mungkin sederhana: lagu ini adalah tentang bagaimana seseorang mengekspresikan cinta yang mendalam dan tulus, kesiapan untuk berada di sisi orang lain dalam situasi apapun dan keyakinan bahwa cinta mereka akan dapat membuat orang lain merasa dicintai.

Sebagai penutup, ‘Make You Feel My Love’ merupakan persembahan lirikal Bob Dylan yang sukses diterjemahkan oleh Adele menjadi lagu yang menginspirasi banyak orang. Lagu ini mengajarkan kita tentang arti sejati cinta. Bahwa cinta bukanlah soal memaksa perasaan, tapi bagaimana kita menunjukkan rasa sayang dan peduli kepada orang lain.