Mukhtar Tompo Tinjau Pasar Allu Pasca Kebakaran

0
98

Inspiratifnwes.com,Jeneponto-Anggota DPR RI Mukhtar Tompo berkunjung ke pasar Allu Bangkala, Kab. Jeneponto, yang baru saja ditimpa musibah kebakaran, Rabu (10/8). Kebakaran tersebut terjadi hari Sabtu (7/8).

IMG-20160810-WA0202

Dalam kunjungannnya, Mukhtar disambut dan didampingi oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Jeneponto Zubair, Kepala Pasar Allu, Kapolsek Bangkala AKP Idrus, dan Ketua KNPI Jeneponto, Nurlewa Saad.

Mukhtar melihat langsung puing-puing kios pasca kebakaran. Ia juga sempat menyapa sejumlah pedagang yang kiosnya dilalap si jago merah.

Ia mengupayakan agar perbaikan pasar tersebut dapat dianggarkan pada APBN 2017. “Agenda pertama saya sepulang dari sini adalah menyampaikan aspirasi masyarakat ke Kementerian Perdagangan, agar pasar ini dibangun kembali,” urainya.

Pasar ini memberikan kontribusi bagi PAD Jeneponto sebanyak 700 ribu per hari. Sedangkan kontribusi bulanan sekitar 4 jutaan sebulan. “Pasar ini harus segera dibangun, agar roda ekonomi masyarakat lancar kembali, dan tetap bisa berkonstribusi bagi PAD Jeneponto,” pungkas Anggota Fraksi Partai Hanura ini.

Namun Mukhtar menyayangkan pihak dinas perindustrian dan perdagangan tidak mampu memberikan data pasti tentang besaran kerugian kebakaran.

Awalnya, sempat disebut taksiran kerugian sebesar 7,5 miliar, namun begitu Mukhtar mencecar metode perhitungan yang digunakan, pihak dinas tak mampu menguraikannya.

Mukhtar meminta agar pengajuan anggaran untuk pembangunan pasar mesti menggunakan angka riil perhitungan kerugian.

Salah seorang pedagang yang kiosnya ikut terbakar, Arung Dg Te’ne mengungkapkan harapannya agar bantuan Pemerintah segera diturunkan. Hingga saat ini ia mengaku belum mendapatkan bantuan, padahal sejumlah kios telah mendapatkan bantuan balok untuk memperbaiki kios mereka. Pedagang pasar lainnya, Devy mengaku mengalami kerugian sekitar 50 juta rupiah, kios dan barang dagangannya ludes terbakar.*

IMG-20160810-WA0200

Komentar Pembaca