oleh

Paban VII/Latma Sops TNI Tutup Latihan Bersama Nusa Bhakti Ausindo 2021

INSPIRATIFNEWS.COM, Bekasi – Paban VII/Latma Sops TNI Kolonel Inf Ari Yulianto S.I.P. mewakili Waasops Panglima TNI Marsma TNI Kustono, S. Sos. menutup Latihan Bersama (Latma) Nusa Bhakti Ausindo 2021 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Australian Defence Forces (ADF), di Bekasi (12/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut Paban VII/Latma mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan latihan Nusa Bhakti AUSINDO 2021 yang telah mencapai sasaran latihan dengan baik.

“Latihan Nusa Bhakti AUSINDO 2021 ini sebagai bukti kuatnya hubungan kerjasama militer antara Australia dengan Indonesia, khususnya dalam bidang penanggulangan akibat bencana alam dan pemberian bantuan kemanusiaan,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Indonesia dan Australia rentan terhadap bencana alam seperti gempa, banjir, longsor, angin topan, kebakaran hutan dan lahan, sehingga latihan ini sangat bermanfaat sebagai upaya antisipasi ketika sewaktu-waktu bencana melanda.

Selanjutnya Paban VII/Latma juga menyampaikan bahwa yang terpenting dalam operasi penanggulangan akibat bencana alam dan bantuan kemanusiaan, adalah penyiapan aset, perlengkapan dan personel. Semakin teliti dan tepat proses penyiapannya, maka akan semakin optimal pemberian bantuan yang dapat dilakukan.

Untuk latma tahun depan akan diselenggarakan di Indonesia, dimana skenario yang akan diangkat mengenai bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Diharapkan kedua negara akan mendapatkan gambaran kondisi sebenarnya, sehingga dapat memiliki operational readiness dan pemahaman yang sama apabila suatu saat akan melaksanakan operasi pemberian bantuan kemanusiaan di kedua negara.

Di akhir sambutannya, Paban VII/Latma menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta TNI dan ADF atas kerja keras, waktu, dan upaya untuk keberhasilan latihan ini. Secara khusus ucapan terima kasih juga disampaikan kepada narasumber dari Australia dan BNPB yang telah mendukung serta berbagi pengetahuan tentang bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana.

Pihak TNI juga menyampaikan terima kasih atas segala pengetahuan tentang sistem, mekanisme dan prosedur di Australia untuk menerima bantuan kemanusiaan, yang telah diperkenalkan kepada seluruh peserta TNI.

Hadir dalam acara penutupan Latma tersebut, Atase Angkatan Udara Australia, GpCapt Call Harrison, CAPTAIN Heath Robertson dan WingCdr Ritchie Cunningham, dari Joint Operation Command Headquarter, serta Ir. Medi Herliyanto, Widyaiswara BNPB.

(min/puspentni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed