Panen Perdana Buah Naga, Bhabinkamtibmas Cenrana Maros Ini Ingin Tingkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat

0
37

Inspiratifnews.com-Maros Bhabinkamtibmas Desa Cenrana, Kecamatan Camba, Maros, Bripka Akbar Sirajuddin, bersama warganya melakukan panen perdana, buah naga di kebun seluas enam hektare di Dusun Tanah Tengah, Sabtu (25/11/2017).

Panen perdana di kebun warga binaan Bripka Akbar tersebut, juga dihadiri beberapa pejabat Provinsi Sulsel, Desa Cenrana  dan dari Dusun Tanah Tengah.

Bripka Akbar mengutarakan bahwa puluhan buah naga tersebut ditawarkan langsung ke pedagang buah di kota Makassar.

“Kami diapresiasi oleh Gubernur Sulsel dengan mengutus enam warga untuk studi banding agrowisata pertanian ke Jawa dan Bali, pekan depan. Tiketnya ditanggung pemerintah,” kata Akbar.

Sejak menjadi Bhabinkamtibmas, beberapa tahun lalu, selain mengajar mengaji dan bahasa Inggris kepada warga, Akbar juga aktif memotivasi dan warga Dusun Tanah Tengah untuk menanam dan memasyarakatkan buah naga.

Apalagi, buah yang sulit didapatkan tersebut sangat mudah tumbuh di Desa Cenrana.

“Tujuan saya adalah untuk meningkatkan taraf ekonomi warga Dusun Tanah Tengah dengan menanam dan merawat tanaman buah naga, dengan jumlah yang banyak,” katanya.

Akbar berupaya supaya, warga Dusun Tanah Tengah, yang berprofesi sebagai petani, mempunyai pendapatan tambahan untuk menyekolahkan anaknya sampai ke tingkat Universitas.

“Untuk tanaman jangka panjang, saya menganjurkan warga menanam durian dan rambutan. Untuk tanaman perkebunan, saya memasyarakatkan tanaman cengkeh, merica dan coklat,” katanya.

Akbar memiliki perinsip, kalau tanah di Cenrana subur dan bisa ditanami tanaman pertanian. Warga yang ingin sukses tidak perlu pergi merantau.

“Kenapa kita harus ke luar Sulawesi, hanya untuk berkebun. Lebih baik kita bekerja di tanah sendiri dan mengembangkan agrowisata di kampung sendiri,” tutupnya. (rls)

Komentar Pembaca