oleh

PDUI Sumut, Latih Penanganan Kasus Gawat Darurat Trauma dan Non Trauma Bagi Puluhan Dokter

INSPIRATIFNEWS.COM, Medan – Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Cabang Sumatera Utara (Sumut) Bekerjasama dengan Yayasan Tunas Cita Mandiri melakukan Pelatihan General Emergency Life Support (GELS) atau Pelatihan Penangan Kasus Gawat Darurat untuk Kasus Trauma Maupun Non Trauma Terhadap Puluhan Dokter Di Sumut Pada 04-07 November 2021 di Hotel Saka Medan.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Ketua PDUI Cabang Sumut Dr. Rudi Rahmadsyah Sambas.

“Alhamdulillah saat ini kondisi kita pelan-pelan dalam perbaikan karena pasien Covid-19 ada penurunan dalam perawatan jadi kita pelatihan nya tetap Prokes. Pelatihan Gels PDUI Cabang Sumut ini perdana di kepengurusan PDUI selama kami menjabat menjadi Pengurus PDUI Cabang Sumut,” ungkapnya.

“Dokter Umum tetap dan wajib Upgrade ilmu Kedokteran Emergency karena kita butuh dimana pun kita berada dan kepada Rumah Sakit, klinik, Fasilitas Kesehatan perusahaan dan dimana pun Dokter Umum bertugas saya berharap perhatian terhadap anggota kami karena mereka siap bertugas profesional dalam tugasnya sebagai dokter dimana pun,” ucapnya.

Ketua PDUI Sumut menambahkan, pelatihan-pelatihan seperti ini akan terus dilakukan untuk membantu Dokter Umum Se Sumatera Utara khususnya anggota PDUI agar kemampuan melakukan praktek sehari-hari di Fasyankes masing-masing dapat ditingkatkan sehingga akan menurunkan angka kecacatan bagi pasien.

“Saya berharap pemilik Fasyankes yang ada di Sumut ini ikut andil memfasilitasi para Dokter Umum yang ada di Fasyankes mereka,” harapnya.

“PDUI Cabang Sumut juga sudah melakukan MoU kepada Dokter Spesialis karena kami bersama di dalam Perhimpunan Dokter Umum dan Dokter Spesialis di Sumut,” terang Dr. Rudi.

Ketua Panitia dr. Romy Ananda Lukman, M.kes menjelaskan pelatihan GELS tentang kegawatdaruratan dari berbagai bidang baik jantung, paru dan trauma.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan skill kemampuan kompetensi Dokter Umum dalam hal menangani pasien kegawatdaruratan yang ditemukan di fasilitas kesehatan di tempat para Dokter Umum bekerja, baik di dalam Puskesmas, klinik ataupun di rumah sakit pada umumnya,” jelasnya.

“Disamping itu, kegunaan pelatihan ini adalah juga untuk mempertajam keahlian terutama dalam hal penanganan pasien kegawatdaruratan,” ucapnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta dari berbagai kabupaten/kota di Sumut bahkan ada juga dari Aceh dan Pekan baru serta Kalimantan, yang mana pelatihan ini juga merupakan salah satu program utama dari PDUI Cabang Sumut.

“Kedepan kita akan membuat pelatihan kegawatdaruratan jantung dan juga kegawatdaruratan trauma.
Kami berharap dan bermohon kepada Bapak Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara bisa mendukung dan berkolaborasi untuk mengajak Dinas Kesehatan di kabupaten/kota juga memberikan Dokter Umum untuk bergabung bersama di pelatihan Gels dan kegiatan seminar PDUI Sumut,” ujarnya.

Dikesempatan itu juga ia juga membeberkan Program PDUI yang telah dilaksanakan di 2021 ini yakni kerja sama dalam hal vaksinasi kemasyarakatan, Nakes dan Keluarga Nakes.

“Pada 13 November 2021 juga akan dilakukan Vaksinasi Sinovac tahap dua yang rencananya dilakukan di Lanud Soewondo TNI AU Medan. Dan kegiatan lainnya terkait peningkatan sumber daya atas skill dari para dokter, PDUI merencanakan pada bulan Desember 2021 nanti akan ada pelatihan kegawatdaruratan,” ungkap Dr. Romy.

Serta juga akan kita adakan PIT PDUI Cabang Sumut Ke IV yang mana ada yg melalui Zoom dan hadir dengan di batasi peserta yg hadir mengikuti peraturan pemerintah dengan Prokes.

Sementara itu adapun narasumber pada pelatihan tersebut disebutkan dari para dokter dan profesor dan juga dosen yang bekerja di RSUP HAM dan USU diantaranya Prof. dr. Achsanuddin Hanafie, Sp.An, KIC, KAO, Prof. DR. dr. M. Fidel Ganis S, M.ked(OG), Sp.OG (K), Prof. Dr. dr. Kiking Witarwan, Sp.S (K), dr. Hasanul Arifin, Sp.An,KAP, KIC (K), dr. Badai, M.Ked Ped, Sp.A (K), dr. Nizam Akbar, Sp.JP (K), dr. Supredo Kembaren, Sp.B (K), dr. Bambang Prayugo, Sp.B (K)

Narasumber untuk skill stattion SKILL STATION diisi oleh dr. Nizam Akbar, Sp.JP (K), dr. Ferry Adhibrata, dr. M. Firdaus, dr. M.Yusuf Sambas dan Tim PDUI, dan SKILL ANIMAL LAB oleh dr. Bambang Prayugo, Sp.B (K). (Bud).

(min/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed