oleh

Pemkab Bantul Canangkan Penerapan Dukcapil Go Digital 2021

INSPIRATIFNEWS.COM, Bantul | Guna mensukseskan layanan administarsi kependudukan ditengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menggelar Sosialisasi Penerapan Dukcapil Go Digital 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan turut diikuti oleh Perwakilan Dinas Kesehatan, Kepala Desa, Bidan Desa dan sejumlah tamu undangan bertempat di Waroeng Omah Sawah Sewon Bantul, Rabu (25/8/2021).

Sekretaris Disdukcapil Edy Bowo Nurcahyo dalam laporannya mengatakan, kegiatan Disdukcapil Go Digital ini perlu dilaksanakan karena kebutuhan kependudukan adalah suatu hal yang sangat mutlak bagi masyarakat.

“Dukcapil Bantul dari hari ke hari telah ada di hati masyarakat Bantul, hal ini terbukti dengan diraihnya beberapa penghargaan, dan Dukcapil Bantul ini satu-satunya di Indonesia yang memperoleh Penghargaan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Komisi Pemberentasan Korupsi dan Kemen PANRB, dan kegiatan pagi ini bertujuan untuk sosialisasi layanan teknologi digital dan inovasi Dukcapil Bantul,“ terangnya.

Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo dalam arahannya mengatakan, atas nama masyarakat dan Pemkab Bantul mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada jajaran Dukcapil yang selama ini berupaya dengan penuh semangat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Bantul.

“Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan Penerapan Dukcapil Digital, dan saya berbangga Dukcapil Bantul ini mendapat penghargaan dari KPK dan dari Kementerian PANRB yaitu Wilayah Birokrasi Bersih Melayani dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, hal ini tidak mudah, perlu kerja keras untuk mendapat nilai kepuasan pelayanan masyarakat, pelayanan harus prima, baik dan cepat.

Karena dengan pelayanan digital dapat mengurai antrian ataupun kerumunan, sehingga pelayanan administrasi kependudukan dapat berjalan dengan baik dan cepat, layanan adminduk mutlak dilaksanakan karena siapapun kini harus mempunyai kartu identitas/KTP untuk mengurus semua hal.

“Betapa pentingnya identitas itu, semua layanan kini membutuhkan KTP, hal ini telah ditangkap dengan baik oleh Disdukcapil Bantul untuk mengembangkan layanan berbasis digital di bidang kependudukan, melalui Dukcapil Smart dan inovasi lainnya,“ kata Joko.

Wakil Bupati Bantul mengharapkan hasil dari sosialisasi ini, untuk bisa disebarluaskan kepada masyarakat. Dia mengharapkan Jajaran Kalurahan, Kapanewon menjadi bagian penting dari kepanjangan tangan dari Dukcapil, untuk yang pertama mensosialisasikan, selanjutnya memberikan edukasi kepada masyarakat dan sekaligus sebagai problem solver kaitannya dengan persoalan-persoalan kependudukan.

Foto: Disdukcapil Kabupaten Bantul menggelar kegiatan Sosialisasi Penerapan Dukcapil Go Digital 2021. (Dok. Humas Bantul)

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Bambang Purwadi dalam paparannya mengatakan, untuk menyelenggarakan pelayanan administrasi kependudukan yang profesional sesuai standar pelayanan dan berkualitas.

“Pelayanan yang dulunya hanya manual saja, kini di era teknologi maju ini Dukcapil menghadirkan pelayanan adminduk berbasis digital menggunakan Aplikasi Dukcapil Smart,” ujarnya.

“Berbagai inovasi telah kami persembahkan kepada masyarakat Bantul, hal ini kami lakukan untuk memudahkan masyarakat mengurus administrasi kependudukan,” ungkapnya.

“Tidak hanya itu, keluhan atau aduan masyarakat dapat disampaikan melalui Aplikasi E-Lapor, E-mail, Telepon, Melalui Surat, Kotak Saran maupun Whatsapp,“ jelas Bambang Purwadi.

(min/hms Bantul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed