oleh

Pemkab Bantul Vaksinasi 1000 Lebih Penyandang Disabilitas

INSPIRATIFNEWS.COM, Bantul | Pagi ini Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bersama Ketua Tim Penggerak PKK DIY dan Kabupaten Bantul meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi penyandang disabilitas dan pendampingnya di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Dinas Sosial DIY di Dusun Piring Kalurahan Srihardono Kapanewon Pundong. Sabtu (28/8/2021).

Bupati Bantul mengungkapkan, sebanyak 1168 penyandang disabilitas dan pendamping akan divaksinasi pertama selama dua hari 28 – 29 Agustus 2021.

Kegiatan ini kerjasama antara PKK dengan BRTPD Dinas Sosial DIY, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, TNI/Polri, serta didukung Bank BPD DIY dan PDAM Bantul.

“Untuk kegiatan vaksinasi pertama pagi ini, sebanyak 658 penyandang disabilitas dan pendampingnya, dan untuk besok pagi sebanyak 500 – an semuanya akan divaksin dengan Sinovac,“ kata Bupati Bantul.

Penyandang disabilitas ini masuk dalam kelompok rentan seperti manula, sehingga kita prioritaskan bagaimana seluruh penyandang disabilitas di Bantul ini, diberikan vaksinasi di awal-awal ini dengan harapan terjadi herd immunity (kekebalan tubuh) dikalangan difabel sehingga mereka lebih nyaman dan percaya diri karena sudah divaksin.

Ketua Tim Penggerak PKK DIY GKBRA Adipati Paku Alam X dalam sambutannya mengatakan, vaksinasi untuk disabilitas dengan Vaksin Sinovac ini merupakan pertama di DIY, untuk penyandang disabilitas di Dinas Sosial DIY menerima 11.000 Vaksin Sinovac, vaksin ini sebelumnya direncanakan untuk Calon Jamaah Haji, karena tidak ada pelaksanaan Ibadah Haji di tahun ini maka vaksin tersebut dialihkan untuk penyandang disabilitas dan keluarganya.

“Jumlah 11.000 vaksin itu tentunya kurang, saya mengharapkan nantinya para penyandang disabilitas dan pendampingnya diberikan vaksin yang lain, lebih cepat lebih baik, karena vaksin ini sangat penting untuk melindungi diri dari penularan Covid-19 dan apabila nantinya sudah divaksin dan masih terpapar juga Covid, tidak akan terlalu parah berdasar sejumlah penelitian,“ tutur GKBRA Adipati Paku Alam X.

Dia menambahkan, dengan vaksinasi ini akan meningkatkan imun kita, beliau juga mengajak kepada masyarakat untuk ikut vaksinasi agar tidak mudah terpapar Covid, setelah itu tetap patuhi protokol kesehatan, tetap selalu mengenakan masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, kurangi mobilitas, jaga jarak dan jauhi kerumunan, protocol kesehatan ini harus menjadi gaya hidup kita di era pandemi ini.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Emi Masruroh Halim mengatakan, kegiatan vaksinasi bagi penyandang disabilitas ini merupakan awal mengkampanyekan bahwa vaksin itu aman untuk para disabilitas, dan kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Bantul untuk menciptakan kekebalan tubuh masyarakat Bantul tak terkecuali bagi penyandang disabilitas yang termasuk rentan terpapar Covid-19.

“Saya mengharapkan, setelah kegiatan vaksinasi massal di BRTPD DIY ini, nanti para disabilitas yang belum mendapatkan vaksin segera merapat ke Puskesmas terdekat, untuk mendapatkan vaksinasi disabilitas, jangan takut vaksin aman untuk disabilitas, semangat sehat,“ ucap Emi Masruroh Halim.

Selain vaksinasi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga menerbitkan KTP-El bagi penyandang disabilitas yang belum mempunyai identitas pengenal, pada kesempatan tersebut diberikan pula bingkisan dan souvenir menarik untuk peserta vaksinasi massal.

(min/hms Bantul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed