oleh

Plt Wali Kota Tanjungbalai, Pimpin Rakor Penanggulangan Kemiskinan Daerah Tahun 2021

INSPIRATIFNEWS.COM, Tanjungbalai – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib didampingi Kepala BPS Cab Tanjungbalai Tanina, Asisten Ekbangsos Zainul Arifin dan Kepala Bappeda Tanjungbalai Ahmad Solihin membuka dan memimpin rapat tim koordinasi penanggulangan kemiskinan (TKPK) daerah Kota Tanjungbalai Tahun 2021.

Rakor yang dihadiri Para Kepala OPD dan perwakilan OPD dilingkungan Pemkot Tanjungbalai ini dilaksanakan di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Jumat (5/11/2021).

Waris Thalib, sebagai Ketua TKPK mengingatkan bahwa TKPK Tanjungbalai harus serius dalam menjalankan fungsi dan peran dari TKPK, khususnya dimasa pandemi COVID-19 ini.

“Di tengah wabah pandemi COVID-19 ini kita jangan main-main dalam menanggulangi masalah kemiskinan serta bagaimana mengurangi pengangguran juga, ini yang harus menjadi perhatian kita bersama,” ucapnya.

“Saya berharap TKPK membuat rumusan guna memfasilitasi jika memungkinkan anggaran di tahun 2022 dalam pencarian data kemiskinan, rentan kemisikinan atau yang berhubungan dengan kemisikinan, ujarnya.

Lebih lanjut Waris menjelaskan, pencarian data kemiskinan dilakukan menggunakan surveior yang profesional dan sinergitas yang baik dengan BPS agar data yang dihasilkan benar-benar akurat sebagai dasar untuk menentukan langkah dan arah kebijakan yang tepat ke depannya.

Untuk mempercepat proses penanggulangan kemiskinan ini, OPD yang tergabung dalam TKPK diminta untuk membentuk program kerja penanggulangan kemiskinan.

“Masing-masing OPD yang tergabung dalam TKPK ini nanti harus melakukan rapat di dinas masing-masing untuk menentukan program kerja yang tepat. Hal ini dilakukan agar percepatan penanggulangan kemiskinan dapat diwujudkan,” tegas Plt Wali Kota Tanjungbalai.

Waris berharap semoga langkah-langkah yang sudah disepakati dan ditindak lanjuti diharapkan dapat mengurangi tingkat kemiskinan di Kota Tanjungbalai.

Kepala Bappeda Kota Tanjungbalai Ahmad Solihin sebagai Sekretaris TKPK Tanjungbalai dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin.

“Setiap akhir tahun akan mengirim laporan TKPK Kota Tanjungbalai kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Wakil Presiden RI selaku ketua TKPK RI,” jelasnya.

(min/hmstanjungbalai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed