Prodi IAT UIN-SU
Peristiwa

Prodi IAT UIN-SU, Pengabdian Masyarakat di Desa Ndeskati

Program Studi Ilmu Alqur’an dan Tafsir UIN Sumut bekerjasama dengan Smart Generation Comunity (SGC) Universitas Sumatera Utara menggelar kegiatan Safari Ramadan dan Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 24 April 2021 sampai 12 Mei 2021 di Desa Ndeskati, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo.

Kegiatan ini digelar atas MoU yang di tandatangani Dr. Mardian Idris Harahap MAg selaku Ka. Prodi IAT UIN-SU sebagai pihak pertama dengan Muhammad Bangun Siregar selaku Presiden SGC USU sebagai pihak kedua.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan akreditasi Prodi IAT UIN-SU dari sektor kegiatan-kegiatan kemahasiswaan khususnya pengabdian masyarakat selama bulan Ramadan 1442 H.

Dr. Mardian Idris Harahap MAg menugaskan mahasiswanya atas nama Muhammad Ardhony, mahasiswa semester VIII Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Terhitung sejak terbitanya Surat Tugas dengan nomor B.54/USI/PP.00.00/5/2021. dan di tandatangani pada tanggal 22 April 2021, maka mahasiswa tersebut melakukan kegiatan Safari Ramadhan dan Pengabdian masyarakat selama kurang lebih 3 pekan sampai hari Raya Idul Fitri di Desa Ndeskati.

Desa Ndeskati memiliki jumlah penduduk yang menganut agama Islam hanya 97 KK dari jumlah total penduduk sebanyak 297 KK, dari angka tersebut kita bisa simpulkan bahwa desa adalah desa minoritas Islam.

Selain itu, dari sektor pendidikan agama Islam hanya terdapat 3 guru mengaji Al-Qur’an namun hanya satu yang masih aktif mengajar dan seorang ustaz Tarigan sebagai Imam masjid Al-Muslimun.

Kemudian kurang lebih 30 anak-anak muslim mulai umur 4-12 tahun hanya 4 orang yang bacaan Iqro’nya sudah lumayan baik.

Maka dengan data tersebut, kegiatan Safari Ramadan dan pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di Desa Ndeskati.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapankan mampu membantu meningkatkan Pendidikan Agama Islam, khususnya kemampuan membaca Al-Qur’an bagi anak-anak dan ibuk-ibuk di Desa Ndeskati.

Muhammad Ardhony sebagai Mahasiswa yang ditugaskan Prodi IAT UIN-SU bisa menjadi Imam Terawih, Khatib dan memberikan tausiyah-tausiyah keagamaan kepada masyarakat selama bulan Ramadan 1442 H.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *