Santri Wisatahati Gelar Simaan Home to Home

0
139
Ket Gambar: Gelaran Simaan Home to Home oleh para santri Wisatahati Sulsel di kediaman Andi Bau Sompa BTN Asal Mula, Minggu, (26/3/2017).

Inspiratifnews.com – Makassar – Yayasan Daarul Qur’an Wisatahati Sulsel kembali menggelar Simaan Home to Home. Kegiatan yang sudah bergulir sejak Oktober tahun lalu ini dilaksanakan di kediaman salah satu donatur Wisatahati Sulsel, Andi Bau Sompa di BTN Asal Mula, Minggu, (26/3/2017).

Secara bergantian, para santri pun tampil di hadapan tuan rumah menghafalkan ayat-ayat suci Alquran. Pembina Rumah Tahfidz Baitul Mu’minin, ustadz Muhadi menjelaskan, simaan dimaksudkan untuk memperlancar hafalan santri dan sebagai bentuk pertanggungjawaban lembaga kepada para donatur yang selama ini menyisihkan rezekinya untuk para santri tersebut.

“Ini yang kesekian kalinya kita laksanakan dengan tujuan agar hafalan santri tetap terjaga, dan kita laksanakan setiap minggu. Ini juga merupakan bentuk pertanggungjawaban lembaga kepada donatur yang selama ini menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembibitan penghafal Alquran Wisatahati,” jelasnya.

Istilah ‘Simaan’ sendiri dipakai oleh Wisatahati untuk kegiatan menyimak hafalan Alquran para santri penghafal Alquran. Sedangkan istilah ‘Home to Home’, karena gelaran simaan ini berlangsung dari rumah ke rumah para jemaah yang bersedia. Menurut ustadz Muhadi, Simaan Home to Home ini juga menjadi pelayanan lembaga kepada donatur terutama yang mempunyai hajat tersendiri.

“Dengan santri datang ke rumah donatur untuk menghafal, itu sudah pelayanan bagi mereka. Artinya mereka akan mendapatkan pahala dari setiap huruf yang dibacakan oleh para santri. Selain itu, santri juga akan mendoakan tuan rumah,” ungkapnya.

Sementara itu, selaku tuan rumah, Andi Bau Sompa mengucapkan kegembiraan. Kegiatan ini pun ia akui bahwa bukanlah yang pertama kalinya. “Alhamdulillah, senang sekali melihat dan mendengar para santri ini mengaji dan menghafal, tenang rasanya. Ini sudah ke empat kalinya dilaksanakan di sini. Saya memang sudah minta dilaksanakan setiap bulan di sini,” ujar salah satu pegawai di Dinas Sosial Pemprov Sulsel tersebut.

Andi Bau Sompa yang sudah sejak dua tahun sulam menjadi donatur tetap Wisatahati itu pun mengaku senang karena rezeki yang ia sisihkan setiap bulannya bisa bermanfaat bagi para santri. Terbukti, katanya, dengan donasi yang ia sedekahkan ke Wisatahati walaupun nilainya tidak seberapa, namun itu bisa mencetak para Penghafal Alquran. “Bersyukur sekali karena donasi kami sekeluarga bermanfaat dan menjadi investasi akhirat kami dengan lahirnya para Penghafal Alquran ini,” ujarnya.

Diketahui, pada bulan ke enam digelarnya, Simaan Home to Home kali ini menampilkan delapan orang santri. Mereka menghafalkan juz 10 sampai Juz 12. Masing-masing mereka tampil menghafalkan 5-10 halaman setiap juz-nya. (*)

Komentar Pembaca