Soal Penyaluran Beasiswa Pemkab, Begini Kata Balon Ketua KNPI Maros Ini

0
16

Inspiratifnews.com-Maros, Meski selama ini banyak menuai polemik, issu penyaluran beasiswa dari Pemda Maros tidak dibahas banyak dalam acara pemaparan visi misi Bakal Calon (Balon) Ketua KNPI Maros yang dihelat di Studio Maros FM, Sabtu (23/9/2017).

Dari lima kandidat yang hadir dalam sesi debat ini, hanya satu orang saja yang menyoal gagasan terkait beasiswa yang malah pernah diangkat dalam aksi mahasiswa berujung bentrok dengan Satpol PP pada Juli 2017 lalu.

Dialah Rizal Fauzi, represntasi dari kubu Muhammadiyah yang menggagas soal itu. Menurutnya, konsep beasiswa yang ia akan dorong berbentuk program kerjasama dengan lembaga penyalur beasiswa. Namun, rata rata kendala lolos tidaknya beasiswa tersebut, adalah tes potensi akademik.

“Maka dari itu pemda harus menyediakan wadah pelatihan untuk pengembangan skill yang akan menunjang kelulusan mendapatkan beasiswa itu,” ujar Rizal.

Selain itu, Rizal juga akan mendorong agar Pemda menyalurkan anggaran dalam bentuk barang yang dibutuhkan oleh mahasiswa, agar sesuai dengan Permendagri no. 14 tahun 2016. Barang meliputi buku referensi, biaya penelitian dan biaya print maupun kertas.

“Ini akan jauh lebih efektif karena menyentuh kebutuhan mahasiswa atau pelajar. Sisa mekanismenya saja dibuatkan. Saya rasa ini tidak akan melanggar aturan, seperti yang ditakutkan oleh Pemda,” tutupnya.

Diketahui, lima orang kandidat ketua Komite nasional pemuda Indonesia (KNPI) Maros, menghadiri pemaparan dan debat visi misi sebagai satu tahapan Musda KNPI Maros ke 14. Namun satu orang kandidat yakni Ketua Pemuda Demokrat, Irvan Adwhithawan, berhalangan hadir. (FA)

Editor : Ana

Komentar Pembaca