Sulsel diurutan ke 11 se-Indonesia Berada dilantai Bursa Efek Indonesia

0
87

Inspiratifnews.com – Makassar, PT Kostodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bekerjasama dengan pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) dan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) menyambangi Kota Makassar dalam rangka sosialisasi dan edukasi fasilitas akses (Acuan Kepemilikan Sekuritas).

Rangkaian kegiatan sosialisasi di Makassar ini mencakup kegiatan edukasi mengenal pasar modal di Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia, Serta kegiatan silatuhrahim dengan awak media di daerah ini.

“Kita harap sosialisasi ini dapat membrikan informasi kepada masyarakat Kota Makassar, khususnya yang telah menjadi nasabah pasar modal mengenai pentingnya pemantauan portofolio investasi secara langsung melalui fasilitas AKSes.”ungkapnya.

Hadirnya Fasilitas yang merupakan sarana transparansi informasi dan perlingan investor tersebut diharapkan dapat menarik minat inevstor baru,” terang Kepala Unit Pengembangan Layanan Infrastruktur Investasi KSEI Amrizal Arief di Firefiles Coffe Jalan Pattimura no.5 Makassar Kamis (13/4/2017).

Amrizal menambahkan, sosialisasi dan edukasi ini juga sejalan dengan kampanye ‘Yuk Nabung Saham’ yang diselenggarakan regulator pasar modal untuk meningkatkan jumlah investor khususnya investor domestik.

“Sebab saat ini peningkatan investor domestik dipasar modal telah menunjukkan hasil yang positif tercatat padat maret 2017 sebesar 52 persen aset pasar modal dikuasai oleh investor domestik hal ini cukup menggembirakan mengingat aset pasar modal hingga 65 %,” kata Amrizal.

Berdasarkan data KSEI, kata Amrizal per akhir Maret 2017, Sulawesi Selatan menempati urutan ke 11 jumlah investor terbanyak dari 34 provinsi di Indonesia dengan jumlah investor pemilik Efek sebanyak 7.912 orang.

“Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 7,8 perseb dari tahun sebelumnya yaitu 6.000 investor, dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 5.680 investor yang berdomosili di Kota Makassar atau terbesar di provinsi sulawesi selatan,” tambahnya.

Amrizal menyatakan bahwa saat ini KSEI bersama BEI dan PT KPEI melakukan program berbagai program peningkatan jumlah investor pasar modal melalui kerjasama dengan perguruan tinggi, sebab hal ini cukup berhasil mengajak mahasiswa sebagai investor muda untu mulai berinvestasi dipasar modal. (*)

Komentar Pembaca