oleh

Wakil Bupati Bantul Apresiasi Sistem Pertanian Kelomtan Ngudi Makmur

INSPIRATIFNEWS.COM, Bantul | Bertempat di Mbulak Parangtritis, Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo melakukan kegiatan Panen Bawang Merah milik Kelompok Tani (Kelomtan) Ngudi Makmur, Senin (28/8/2021).

Dalam hal ini, Kelomtan Ngudi Makmur telah menerapkan sistem pertanian, dimana Kelomtan ini telah menyiapkan anggaran yang nantinya akan digunakan untuk membeli sebagian hasil panen para petani.

Artinya, sebagian hasil panen akan dibeli oleh Kelompok Tani Ngudi Makmur dan kemudian akan dijual ke luar daerah. Kelompok Tani Ngudi Makmur juga bisa secara mandiri dalam hal pengolahan lahan, pengadaan benih, penanaman, perawatan, pemanenan sampai dengan penjualannya.

Pihak Kalurahan Parangtritis juga telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Lurah dalam rangka mengatur sebuah program tata kelola tanam.

Program tata kelola tanam tersebut yakni penanaman padi kemudian penanaman polowijo kemudian dilanjutkan penanaman polowijo lagi.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo turut bersyukur atas panen bawang merah yang dilakukan pada hari ini serta memberikan apresiasi kepada Kelompok Tani Ngudi Makmur karena sistem pertanian yang diterapkan bisa berjalan dengan baik dan hasil panen bawang merah tahun ini juga bagus.

“Kita juga melihat, nanti setelah bawang merah ini selesai panen, satu bulan lagi para petani akan menikmati hasil panen cabai sayur. Karena sistem Tumpangsari yang telah dilakukan juga sangat bagus,” ucap Wakil Bupati.

“Kami mendoakan agar dengan adanya sistem pertanian yang diterapkan oleh Kelompok Tani Ngudi Makmur tersebut akan terus memberikan kebaikan dan kesejahteraan bagi para petani kita khususnya petani di Wilayah Samiran, Parangtritis,” tuturnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Bantul meresmikan Gudang Penyimpanan Benih Bawang Merah milik Kelompok Tani Ngudi Makmur yang beralamatkan di Dusun Samiran, Parangtritis, Kretek, Bantul.

(min/hms Bantul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed