oleh

Wakil Bupati Bantul, Ikuti Peresmian Sistem OSS Berbasis Resiko

INSPIRATIFNEWS.COM, Bantul | Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo SE bersama Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan serta OPD Terkait mengikuti secara daring Peresmian Online Single Submission (OSS) Berbasis Resiko oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo di Ruang Mandala Saba Madya Gedung Induk Komplek Parasamya Bantul, Senin (09/08/2021).

Online Single Submission adalah perizinan berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama Menteri, Pimpinan Lembaga, Gubernur, atau Bupati/Wali Kota kepada pelaku usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi guna mempermudah dan mempercepat proses perizinan dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Presiden RI Ir. Joko Widodo mengatakan, dengan adanya OSS ini akan memudahkan perijinan berusaha yang diamanatkan oleh UU Cipta Kerja yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomer 5 Tahun 2021 menjadi berbasis Resiko.

“Semakin rendah tingkat resiko usaha maka semakin mudah perijinan usahanya. Dimana aplikasi ini wajib digunakan oleh pelaku usaha, kementerian lembaga, dan pemerintah daerah,” jelas Presiden.

Pada intinya sistem OSS ini dibuat untuk membantu mempermudah masyarakat dalam mendapatkan izin usaha, Presiden Joko Widodo mengajak, para pengusaha, investor dalam maupun luar negeri, pelaku UMKM maupun pengusaha besar agar memanfaatkan layanan yang super mudah ini dengan sebaik-baiknya agar meningkatkan volume investasi dan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya.

“Kemudahan layanan perijinan ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan berusaha bagi usaha mikro, usaha kecil dan menegah, mendorong lebih banyak wirausahawan baru, mempercepat transformasi sektor informal menjadi sektor formal dan yang paling penting akan menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya,” kata Presiden Joko Widodo.

Sementara, Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo berpesan dan mengajak OPD terkait khususnya yang melayani perizinan untuk melakukan sosialisasi terkait OSS dengan baik. Wakil Bupati juga menekankan, untuk urusan OSS ini tidak bisa dilakukan secara asal karena ini urusannya online, dan kalaupun manual itupun tergantung sumber daya.

“Untuk Bantul sendiri, sudah mulai mencoba-coba sistem OSS ini dan harapan saya Bantul bisa menjadi pionir di tingkat DIY supaya betul-betul terkait perizinan ini menjadi terbaik, cepat, aman, lancar dan murah,” tutur Joko Purnomo. (min/hms Bantul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed