oleh

Waris Thalib, Pimpin Rakor Pengembangan Potensi Pelabuhan Internasional Teluk Nibung

INSPIRATIFNEWS.COM, Tanjungbalai – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait rencana program Pengembangan Potensi dan Optimalisasi Fungsi Pelabuhan Internasional Teluk Nibung, yang dipimpin langsung oleh Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib di Aula Thamrin Munthe Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Selasa (2/11/2021).

Rakor Pengembangan, Potensi dan Optimalisasi Pembangunan Pelabuhan Internasional Teluk Nibung General Manager (GM) Pelindo Cab Tanjungbalai Asahan M Azmi Jauhari, Kepala Bea dan Cukai Teluk Nibung Tutut Basuki dengan Moderator Plh Sekda Nurmalini Marpaung.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten Ekbangsos Zainul Arifin, Kepala OPD dan Instansi terkait di Kota Tanjungbalai yaitu Dinas Perizinan, Lingkungan Hidup, Perindustrian dan Perdagangan, Perhubungan, Bagian Umum, Kominfo, Bagian Hukum, Bappeda, Bagian Pemerintahan, Bagian Perekonomian serta perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Tanjungbalai.

Disampaikan pula pada rapat koordinasi tersebut, yaitu pemaparan oleh GM Pelindo Cab Tanjungbalai Asahan M Azmi Zauhari mengenai operasional, fasilitas dan potensi Pelabuhan Internasional Teluk Nibung di Tanjungbalai serta rencana kegiatan prioritas dan fasilitas yang harus dikembangkan di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai.

Untuk diketahui sebelumnya General Manager (GM) Pelindo Cab Tanjungbalai Asahan telah bertemu dengan Plt Wali Kota Tanjungbalai terkait rencana perpanjangan MOU Pelindo dengan Pemkot Tanjungbalai beberapa waktu lalu.

Waris dalam sambutannya menyebut, tujuan diadakannya pertemuan dan Rakor bersama Stakeholder pemerintah daerah dengan Pelindo Bea Cukai dan Karantina adalah untuk meminta dukungan penuh terhadap Pelabuhan Teluk Nibung.

“Jika melihat dari kunjungan masyarakat dan vitalnya di media Sosial, Pelabuhan itu sudah menjadi ikon kebanggaan kota Tanjungbalai dan diharapkan semua unsur bisa mendukung agar pengembangan Pelabuhan Teluk Nibung bisa berjalan secara optimal.

Dalam kesempatan tersebut Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris memastikan bahwa potensi Pelabuhan Teluk Nibung adalah harapan Tanjungbalai pada umumnya untuk bisa memperbaiki sektor kesejahteraan masyarakat.

“Saya ingin meyakinkan ke semua yang hadir baik itu Pak GM, Kepala Bea Cukai bahwa Tanjungbalai adalah bumi dimana tempat kami masih jauh tertinggal dari kabupaten dan kota di Sumatera Utara. Sehingga diharapkan dengan pengembangan pelabuhan ini akan berdampak baik pada sektor-sektor lainnya.

Saya hanya ingin mengajak kita sama-sama bersumbangsih pemikiran untuk kota ini, Pelabuhan Teluk Nibung diyakini akan menambah perekonomian. Inilah panggilan hati dan jiwa kita untuk Tanjungbalai. Kerjasama pemerintah kota dan Pelindo, MOU dapat diperbaharui kembali di awal Januari 2022,” jelas Waris.

Menurut Waris kesepakatan MOU kerjasama pihaknya dengan Pelindo sangat pantas untuk diperpanjang. Ia mengapresiasi usulan rencana program dari Pelindo sendiri sebagai dukungan kepada daerah TanjungbalaI.

Pelabuhan Teluk Nibung diharapkan menjadi peluang ekonomi menyangkut ekspor dan impor serta hal lainnya yang tentunya berdampak bagi peningkatan ekonomi di Kota Tanjungbalai, tegasnya.

“Oleh karena itu dalam rangka optimalisasi fungsi Pelabuhan, Pemkot Tanjungbalai memberikan dukungan penuh serta kesiapan terhadap MOU kesepakatan kerjasama kedepan. Pemkot Tanjungbalai wajib mendukung jika melihat paparan presentasi GM Pelindo TBA yaitu konsep Pengembangan Pelabuhan,” tutupnya.

(min/hmstanjungbalai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed