Wisuda Sarjana Angkatan IX, STKIP Muhammadiyah Enrekang Cetak 119 Alumni

0
34

Inspiratifnews.com-Enrekang, Gebyar Wisuda Sarjana Angkatan IX Tahun Akademik 2017/2018 STKIP Muhammadiyah Enrekang kembali digelar di Aula Masjid Taqwa Muhammadiyah Enrekang, Senin (18/12/17).

Diawali dengan pembukaan Sidang Senat Terbuka Luar Biasa oleh Ketua Senat STKIP Muhammadiyah Enrekang dihadapan ratusan wisudawan dan orang tua, Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Pejabat Pemerintah Daerah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Enrekang dan para tamu undangan.

Sebanyak 119 orang wisudawan yang telah dinyatakan lulus dan memenuhi segala persyaratan akademik pada program studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) tampak mengikuti prosesi wisuda dengan penuh khidmat.

Drs. Yunus Busa, M.Si. selaku Ketua Senat sekaligus Ketua STKIP Muhammadiyah Enrekang dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya wisuda angkatan IX ini berkat kerja keras dari para panitia danstaheholders terkait.

Tidak lupa Yunus Busa kembali mengurai sekilas sejarah perjalanan STKIP Muhammadiyah Erekang yang kini telah berusia 38 tahun (1979-2017). Awalnya STKIP Muhammadiyah Enrekang hanya membina satu program studi yaitu Pendidikan Luar Sekolah yang dahulunya dikenal dengan nama Pendidikan Sosial.

“Sejak berdiri hingga tahun 2014, STKIP Muhammadiyah Enrekang konsisten membina satu program studi yaitu Pendidikan Luar Sekolah, artinya selama 35 tahun STKIP Muhammadiyah Enrekang hanya fokus mengembangkan program studi Pendidikan Luar Sekolah” ungkapnya.

Namum pada tahun 2014, atas kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang baru ada penambahan 2 program studi yaitu Pendidikan Bahasa Inggris dan Bimbingan Konseling, menyusul kemudian pada awal tahun 2015 bertambah lagi 2 program studi yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidkan Guru Sekolah Dasar sehingga praktis hingga kini STKIP Muhammadiyah Enrekang telah membina 5 program studi, tambahnya.

Sementara itu Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Niartiningsih, M.P dihadapan para wisudawan menitipkan harapan besar agar ilmu yang telah didapatkan selama 4 tahun di bangku kuliah bisa diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan masyarakat.

Meskipun Enrekang mempunyai medan yang cukup berat kiranya tidak menyurutkan semangat para lulusan STKIP Muhammadiyah Enrekang ini untuk diterjunkan ditengah-tengah masyarakat dalam rangka mengangkat derajat mereka melalui pendidikan. Dan jangan lupa agar para lulusan senantiasa meng-updateilmunya sebab laju perkembangan global sangat cepat sehingga kita pun dituntut untuk melakukan penyesuaian, ujar Guru Besar Universitas Hasanuddin.

Andi Niartiningsih juga kembali mengingatkan kepada Pimpinan dan Dosen STKIP Muhammadiyah Enrekang agar senantiasa melakukan perbaikan yang sifatnya berkelanjutan agar mutu perguruan tinggi semakin bagus. Ada empat komponen yang harus diseriusi untuk diperbaiki yaitu manajemen lembaga, pengembangan sumber daya manusia, peningkatan nilai akreditasi dan karya tulis ilmiah, serta pembinaan kemahasiswaan.

Adapun Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Dr. H. Muh. Alwi Uddin, M.Ag dalam amanatnya menyampaikan harapannya agar para lulusan bisa menjadi pelita di tengah masyarakat serta tidak lupa senantiasa menonjolkan keuggulannya sebagai alumni Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Alwi Uddin juga mengapresiasi kerja keras dan kerjasama para Pimpinan, Dosen danstakeholders sehingga beberapa tahun terakhir kemajuan STKIP Muhammadiyah Enrekang mulai terlihat secara nyata dan signifikan.

Rangkaian prosesi wisuda ditutup dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Syamsir Dewang, M.Eng.Sc. dari Universitas Hasanuddin yang mengangkat tema “Peran Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam Memberikan Kontribusi untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia”.

Saat ini STKIP Muhammadiyah Enrekang telah meluluskan sebanyak 791 alumni. (rls)

Komentar Pembaca